Berita

[CEK FAKTA] Daun Sungkai Berkhasiat Menangkal Covid-19, Benarkah?

Jumat, 30 Juli 2021 - 17:39
[CEK FAKTA] Daun Sungkai Berkhasiat Menangkal Covid-19, Benarkah? Foto khasiat daun sungkai menangkal covid-19.

TIMES WAKATOBI, JAKARTA – Beredar foto daun sungkai yang dikemas dalam plastik bertuliskan khasiat daun sungkai menangkal covid-19. Foto tersebut diunggah akun Facebook Agus Musical'x di grup Anda Bertanya Sains Menjawab pada 23 Juli 2021.

Pada foto tersebut terdapat tulisan di kertas mengenai khasiat daun sungkai. Berikut tulisannya:

Khasiat daun Sungkai:
Menangkal covid-19
Menambah kesuburan
Memperkuat daya tahan tubuh
Cara pakai:
Rebus 7 daun sungkai selama 10 menit, kemudian diminum 2x sehari untuk badan sehat dan daya tahan kuat
Hasil rebusan daun bisa dipakai sampai 5 kali isi ulang”

Dalam ungggahannya, pengguna akun Agus Musical'x menanyakan kebenaran khasiat daun sungkai sebagaimana tertera dalam foto yang diunggahnya.

"Benarkah khasiat Daun Sungkai, yg disebutkan dalam tulisan kertas tersebut?" tulis akun tersebut dalam unggahannya.

cek fakta daun sungkai 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim daun sungkai menangkal covid-19, tidak benar. 

Kami menelusuri melalui mesin pencari berupa artikel maupun pernyataan ahli terkait klaim tersebut.

Melansir liputan6.com, Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr Erlinda Burhan mengatakan bahwa daun sungkai belum terbukti secara klinis dapat menyembuhkan pasien positif Covid-19.

"Iya, harus ada uji klinisnya," ungkap Erlinda kepada Liputan6.com, Sabtu (30/5/2020).

cek fakta daun sungkai 3Sumber: Cek Fakta: Benarkah Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Virus Corona COVID-19? | Liputan6

Kami juga menemukan artikel terkait daun sungkai yang dimuat dalam antaranews.com pada 26 April 2021. Dalam artikel berjudul "Daun Sungkai ampuh obati COVID-19?", Gubernur Jambi Fachrori Umar menginstruksikan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi untuk meneliti khasiat daun Sungkai untuk mengobati covid-19.

Fachrori juga minta dalam penelitian tersebut, Dinas Kehutanan berkoordinasi dengan BPOM, Labkesda, dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi guna mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.

Perintah Gubernur Jambi tersebut bermula dari pernyataan Kepala BNPB selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 saat itu, Letjen TNI Monardo, dalam rapat perkembangan penanganan COVID-19 dengan para gubernur se-Indonesia melalui konferensi video pada Rabu (22/4/2020).

Dalam rapat itu Doni Monardo mengaku mendapatkan informasi bahwa daun Sungkai memiliki khasiat yang bisa membunuh virus corona. Karena itu ia meminta kepada Gubernur Jambi untuk mengadakan penelitian terkait hal tersebut.

Dikutip dari mhomecare.co.id, daun Sungkai (Peronema canescens) sudah banyak digunakan sebagai obat demam pada anak-anak, juga obat sakit kepala, sakit gigi, asma, bahkan penyakit kulit seperti panu.

Melihat kebiasaan masyarakat pribumi Kalimantan yang sering menggunakan daun Sungkai sebagai obat, akhirnya para ilmuwan melakukan penelitian dan menemukan bahwa daun muda Sungkai memiliki kandungan atau potensi (antipiretik) obat yang sangat berkhasiat untuk menurunkan suhu tubuh dan sakit kepala.

cek fakta daun sungkai 4Sumber: Daun Sungkai ampuh obati COVID-19? | ANTARA News Sumatera Utara

Kami juga menemukan artikel yang dimuat kompas.com mengenai daun sungkai untuk obat covid-19. Dalam artikel tersebut, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Jambi Dr Deri Mulyadi menyebut, belum ada penelitian secara medis yang dapat memastikan bahwa daun sungkai dapat dijadikan sebagai obat alternatif bagi para pasien Covid-19.

"Sebelumnya, saya sudah dapat informasinya. Akan tetapi, secara medis, belum ada penelitiannya. Mungkin informasi awal bagi medis dan perlu penelitian lebih lanjut," ujar dia.

Pendapat senada juga disampaikan Wiku Adisasmito yang mengatakan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk dapat menyimpulkan bahwa daun sungkai dapat dijadikan sebagai obat Covid-19 seperti dalam informasi yang beredar. "Iya betul, masih perlu penelitian," kata Wiku.

cek fakta daun sungkai 5Sumber: Informasi Viral soal Daun Sungkai untuk Obati Covid-19, IDI Sebut Belum Ada Penelitian Medis | Kompas

Pemeriksaan atas klaim tersebut juga dilakukan Mafindo dan liputan6.com.

cek fakta daun sungkai 6Sumber: [SALAH] Daun Sungkai dapat Menangkal Covid-19 | Turnbackhoax

cek fakta daun sungkai 3Sumber: Cek Fakta: Benarkah Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Virus Corona COVID-19? | Liputan6

KESIMPULAN

Menurut Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa daun sungkai menangkal covid-19, tidak benar. Hingga kini, belum ada data atau penelitian resmi yang membuktikan hal tersebut.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut masuk dalam kategori Misleading Content (Konten Menyesatkan). Misleading Content merupakan penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai suatu isu tertentu. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Wakatobi just now

Welcome to TIMES Wakatobi

TIMES Wakatobi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.